DepanTentang KamiArtikel

Facebook
Phone SMS Contact Blackberry Messenger

Membedakan Batu Permata/ Batu Mulia Asli dan Tiruan

..............................

3 Langkah Mudah Berbelanja di KilauPermata.com

..............................

Artikel

Date Added : 2013-02-22 09:42:28
Dalam dunia batu permata/batu mulia, kita dihadapkan pada realita keindahan batu permata yang diciptakan oleh Allah dan semakin banyaknya beredar berbagai macam yang tiruan/buatan manusia. Bagaimana cara membedakan batu permata asli dengan tiruan / syntetic, berikut sedikit tips identifikasi ringan awal untuk membedakannya.

1. Warna
Bila kita mengidentifikasi batu tertentu, sangat baik apabila kita memiliki pengetahuan yang cukup mengenai sifat dan ciri-ciri batu permata/batu mulia tersebut pada umumnya. Sebagai contoh, untuk batu permata/ batu mulia sapphire, kita  harus mengerti bahwa sapphire dapat memiliki beberapa warna umum yang mungkin dimiliki seperti black, blue, yellow, pink, dan padparadcha (orange pink) atau yang jarang didapati seperti white, purple, green, color change (purple-violet / blue - red). Diluar warna-warna tersebut dan diakui sebagai sapphire maka perlu kita berhati-hati.

2. Feather
Batu asli rata-rata memiliki feather (serat dalam bahasa pedagang indonesia) yang nampak oleh mata atau dengan loupe 10x pembesaran. Feather adalah keretakan di dalam batu yang normal dalam proses terbentuknya batuan mineral. Bila serat nampak pada batu maka hal tersebut menjadi titik penting penentuan keaslian sebuah batu permata/batu mulia. Meskipun ada batu yang tidak nampak feather pada batu permata/batu mulia meskipun dengan loupe 10x pembesaran (tidak nampak bukan berarti tidak ada), namun ini sangat jarang di dalam pasar pada umumnya dan kalaupun ada maka harganya amat sangat tinggi.

3. Cutting
Cek cutting (paset dalam bahasa pedangang indonesia) Bila cutting pada batu bentuknya kurang simetris atau tidak proporsional maka hal tersebut cukup mendukung identifikasi batu tersebut adalah batu permata/ batu mulia. Meskipun cutting yang sempurna merupakan salah satu pendukung nilai sebuah batu permata/ batu mulia, tidak jarang cutting menjadi tidak sempurna dikarenakan memaksimalkan berat dari bentuk cutting dari potongan batu yang ada sehingga cutting disesuaikan dengan potongan batu permata/ batu mulia yang ada.

3 point diatas adalah beberapa hal yang dapat dipraktekkan untuk identifikasi awal keaslian batu permata/batu mulia. Tentunya dalam praktek aslinya perlu identifikasi lanjutan yang lebih detail mengingat batu sintetis/tiruan pada masa sekarang ini sudah memiliki struktur mineral yang sama dengan batu permata/batu mulia, bahkan memiliki feather tiruan agar nampak sebagai batu permata/batu mulia. Demikian dari kami, semoga anda semakin nyaman berbelanja batu permata/batu mulia.


Hormat kami,


Admin - KilauPermata.com